Rabu, 16 November 2016

4 Tips Sederhana Agar Hidup Bahagia


Hidup Bahagia Adalah Life Goal Semua Orang, Mau Tahu Caranya?

Hidup tak selamanya mudah dan indah. Setiap orang pasti tak terhindarkan dari masalah. Apakah itu masalah cinta, keuangan, keluarga, pekerjaan, pribadi, fisik atau masalah lainnya. Semua orang pasti pernah mengalami salah satu atau beberapa masalah itu.

Saya sadari bahwa garis tangan tak hanya menceritakan hal-hal yang baik saja tentang seseorang. Hal-hal yang buruk pun bisa diceritakannya dengan gamblang. Jangan salahkan nasib.

Hidup kita adalah seperti apa yang kita pikirkan. Kita sendirilah yang bisa membuat hidup bahagia dan lebih indah. Kita sendiri juga yang bisa membuat hidup kita berantakan tak keruan! Pernahkah Anda mendengar kalimat, “Tuhan tidak akan mengubah nasib seseorang atau suatu kaum jika mereka tidak mau mengubah nasibnya sendiri?” Manusia diberi Tuhan kemampuan untuk berpikir. Dia bisa berintrospeksi dan menganalisis apa yang sudah dilakukannya selama ini dalam hidupnya.

Ada beberapa kata bijak yang sangat bagus tentang hidup bahagia.

Hidup bahagia itu adalah bisa membahagiakan orang lain.
Hidup bahagia itu adalah bisa menerima dengan ikhlas apa yang didapat.
Hidup bahagia itu ada di dalam hati yang membuat jiwa kita tenang dan bahagia.
Hidup bahagia itu datang dari Tuhan.
Meskipun garis tangan mengatakan bahwa seseorang mempunyai banyak masalah dan hidupnya kurang bahagia, sebenarnya dia masih bisa membuat hidupnya bahagia. Sebaliknya, orang yang menurut garis tangan dikatakan bahagia bisa menjadi orang yang tak bahagia. Mengapa? Karena hidup selalu berjalan. Masalah bisa datang dan pergi tanpa terduga.

Berikut beberapa tips yang semoga bisa membuat hidup bahagia.
1. Sudahkah Anda Bersyukur?
hidup bahagia dengan bersyukur

Orang yang selalu bersyukur adalah orang yang berbahagia. Bersyukurlah atas segala yang telah kita miliki. Bersyukurlah atas rezeki, pencapaian, serta semua yang sudah kita raih. Orang yang banyak bersyukur akan diberi Tuhan lebih dari apa yang sudah diperolehnya sebelum ini.

2. Sudahkah Anda Banyak Menolong Orang Lain?
hidup bahagia dengan menolong orang lain

Tahukah Anda bahwa orang yang tidak bahagia adalah orang yang sibuk memikirkan dirinya sendiri. Mulai sekarang, berhentilah mengasihani diri sendiri. Sisihkan waktu untuk memikirkan dan menolong orang lain. Dengan membantu menolong orang lain, masalah Anda akan diberi jalan keluar oleh Tuhan.

Anda pun bisa melihat bahwa hati yang sesak memikirkan kesulitan diri sendiri akan terbuka dan lebih lapang karena semua orang ternyata juga memiliki masalah. Jiwa akan lebih bahagia kala melihat orang yang kita tolong tersenyum bahagia.

3. Sudahkah Anda Meninggalkan Kejahatan dan Hal-Hal yang Dilarang Agama?
hidup bahagia dengan meninggalkan kejahatan
semakin banyak melakukan kejahatan akan membuat anda semakin merasa bersalah

Melakukan kejahatan kecil membuat hati kita merasa bersalah. Melakukan kejahatan besar membuat rasa bersalah itu semakin besar. Itu membuat Anda menjadi orang yang serba salah. Ingatlah, jika Anda banyak melakukan kejahatan, Anda akan semakin tidak bahagia dalam hidup.

4. Jangan Sia-Siakan Hidup Anda.
hidup bahagia dengan berkaca diri
Instropeksi diri, apa yang sudah Anda capai hari ini

Cari waktu untuk melakukan introspeksi. Apa yang sudah Anda capai dalam hidup ini? Apa yang belum Anda capai? Apakah semua keinginan harus tercapai agar hidup bisa bahagia? Salah besar. Kebahagiaan lebih pada kemampuan untuk bisa bersyukur dan berbagi kebahagiaan dengan orang.

Anda sudah menangkap esensi kehidupan ketika tidak mau menyia-nyiakan hidup yang telah diberikan Tuhan pada kita. Lakukanlah hal-hal yang bisa membuat hidup Anda berguna. Tak hanya bermanfaat kepada diri sendiri dan keluarga, tetapi juga kepada lingkungan dan agama. Bekerjalah dan lakukan suatu hal dengan tulus dan serius. Lihatlah, hidup akan lebih indah karena Tuhan memberkahi hidup orang yang ingin hidupnya berguna dan bermanfaat.

Anda tak percaya bahwa hal-hal di atas bisa membuat hidup Anda bahagia? Tak perlu terlalu banyak argumen dan dalih, lakukan saja hal-hal itu. Lihatlah, hidup Anda akan menjadi lebih bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar